MoU dengan PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat


MoU dengan PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat

UNIKU JAYA – Sebanyak 480 mahasiswa dan mahasiswi mengikuti kegiatan seminar nasional kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMMJ) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku). Kegiatan seminar nasional kewirausahaan  berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), dengan menghadirkan narasumber dari Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas Ekaputra.

Hadir dalam acara tersebut, Komisaris PT BIJB Aang Hamid Suganda, Sos., Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Dr. Herma Wiharno, M.Si., Wakil Dekan I FE Dadang Suhardi, MM., Wakil Dekan II FE Dadang Suhendar, M.Si., Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Rina Masruroh, M.ESy., Ketua Prodi Akuntansi Enung Nurhayati, M.Si., Sekretaris Prodi Manajemen Iqbal Arraniri, MM., Kepala Laboratorium Manajemen Ilham Akbar, MM., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan yang ada di Lingkungan FE Uniku, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE Dani Ahmad Darojat, Ketua Hima Manajemen Sabih, Perwakilan dari Hima dan organisasi mahasiswa (Ormawa) yang ada di Lingkungan FE Uniku dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan seminar nasional kewirausahaan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Management Art of Business Festival 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMMJ) Fakultas Ekonomi (FE) Uniku,” kata Razna Fahani selaku Ketua Pelaksana kegiatan Management Art of Business Festival 2018 saat dimintai keterangannya, Rabu (25/04/2018).

Dijelaskannya, kegiatan Management Art of Business Festival 2018 tersebut akan berlangsung selama empat (4) hari kedepan, mulai dari tanggal 25 – 28 April 2018. Untuk kegiatannya itu sendiri akan diisi dengan seminar nasional kewirausahaan, bazar kewirausahaan, lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), lomba short movie tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Economic Singing Contest serta akan ditutup dengan live music.

“Management Art of Business Festival 2018 akan diisi dengan beberapa kegiatan seperti seminar nasional kewirausahaan, bazar kewirausahaan, lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), lomba short movie tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Economic Singing Contest serta akan ditutup dengan live music dan akan berlangsung selama empat (4) hari kedepan,” jelasnya.

Ditambahkannya, dirinya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan bisa secara konsisten setiap tahunnya diselenggarakan kembali oleh HMMJ FE Uniku periode selanjutnya.

“Saya berharap, kegiatan ini bisa terus konsisten diselenggarakan setiap tahunnya oleh HMMJ FE Uniku karena memiliki banyak manfaat dan bisa membekali mahasiswa dan mahasiswi Uniku untuk berwirausaha,” harapnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Uniku Dr. Herma Wiharno, M.Si., mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi, mendukung dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia penyelenggara atas terselenggara kegiatan seminar nasional kewirausahaan yang merupakan bagian dari acara Management Art of Business Festival 2018 yang diselenggarakn oleh HMMJ FE Uniku.

“Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi kepada seluruh jajaran HMMJ FE Uniku atas terselenggaranya kegiatan seminar nasional kewirausahaan yang merupakan bagian dari acara Management Art of Business Festival 2018,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini bisa terus berjalan setiap tahunnya  secara konsisten oleh HMMJ FE Uniku karena bermanfaat untuk membekali mahasiswa dan mahasiswi agar berjiwa wirausaha.

“Saya berharap, kegiatan ini konsisten berjalan setiap tahunnya oleh HMMJ FE Uniku. Bila perlu, jadikan sebagai agenda program kerja tahunan dari kepengurusan HMMJ FE Uniku,” harapnya.

Komisaris PT BIJB Aang Hamid Suganda, S.Sos., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT karena Jawa Barat memiliki bandara internasional.

“Alhamdulillah, akhirnya Jawa Barat sekarang memiliki bandara internasional yang terletak di Kertajati Kabupaten Majalengka. Bandara ini merupakan, bandara terbesar kedua setelah bandara Soekarno-Hatta,” tuturnya.

Lebih jauh, mantan Bupati Kabupaten Kuningan dua (2) periode itu, menjelaskan, bahwa dengan adanya kerjasama atau MoU yang pada hari ini akan ditandatangani antara Universitas Kuningan (Uniku0 dengan PT BIJB itu, membuka kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berada di Uniku untuk magang atau pkl atau bahkan bisa bekerja di BIJB.

“Dengan adanya MoU antara Uniku dengan PT BIJB ini, membuka kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku untuk magang atau pkl di BIJB, bahkan bisa bekerja di BIJB,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada PT BIJB yang telah hadir memenuhi undangan kami. Dan, saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh panitia pelaksana yang mana para pengurus Hima Manajemen FE Uniku. Dan juga saya ucapkan terimakasih kepada PT BIJB yang telah hadir memenuhi undangan kami. Selamat datang, di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Diterangkannya, banyak sekali manfaat dan peluang khususnya bagi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) dengan adanya kerjasama dengan PT BIJB.

“Bandara BIJB dapat menyerap 150.000 tenaga kerja jika sudah benar-benar beroperasi. Akses dan peluangnya sangat besar sekali,” terangnya.

Lebih jauh, Uniku adalah Universitas atau perguruan tinggi pertama yang melakukan kerjasama atau MoU dengan BIJB.

“MoU dengan BIJB merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami Universitas Kuningan (Uniku),” ujarnya.

Dirinya berharap, bahwa kerjasama ini tidak akan berhenti sampai seremonial belaka atau penandatanganan saja, tetapi dalam waktu yang dekat akan adanya tindak lanjut dari kerjasama tersebut yang sifatnya saling menguntungkan.

“Kerjasama ini harus ditindaklanjuti, jangan hanya bersifat seremonial belaka. Setelah proses penandatanganan, harus ada kegiatan yang ril atau nyata sebagai bentuk dari realisasi kerjasama tersebut. Pada prinsifnya kerjsama itu harus saling menguntungkan kedua belah pihak,” harapnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni music dan tari dari SMPN 1 Kuningan. Dalam kesemapatan tersebut juga, dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara pihak Uniku dengan PT BIJB. Dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh kedua belah pihak.